EDUKASI Headline Animator

Friday, February 22, 2008

Anti Plastic Bag Campaign 2008

Data terakhir menyebutkan, jumlah sampah kantong plastik di seluruh dunia saat ini mencapai 500 juta hingga satu milyar kantong plastik.

“Artinya, warga dunia menghasilkan satu juta sampah kantong plastik setiap menit,” ungkap Cinta Azwirdatari, Ketua Panitian “Anti Plastic Bag Campaign 2008”
Aksi yang dipusatkan di Kampus ITB ini, merupakan salah satu wujud tindakan nyata kepedulian mahasiswa dalam upaya menjaga lingkungan.

Target dari kampanye ini adalah menciptakan suatu tren di kalangan anak muda untuk membawa tas sendiri saat berbelanja sebagai pengganti kantong plastik, sehingga bisa mereduksi sampah.

Sasaran kampanye ini memang anak muda, yaitu dalam rentang usia 15–25 tahun.
Ikon kampanye ini adalah Dewi Lestari, seorang figur publik yang seringkali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan, salah satunya dengan membuat tulisan mengenai plastik di blognya.

“Masalah lingkungan adalah masa-lah yang paling tidak mengenal ras, gender, dan latar belakang social,” katanya. “Bumi kita kan cuma satu.” Menurutnya, saat ini sudah banyak orang yang peduli terhadap lingkungan, tapi bingung mesti mulai dari mana. Mereka menunggu tangan besar. Padahal menurutnya, “Tangan–tangan kecil pun bisa mempunyai peran.”
Menurut Sobirin, dari DPKLTS (Dewan Pemerhati Lingkungan dan Tatar Sunda), lebih dari 90% warga kota Bandung tidak peduli pada sampahnya. Salah satu jenis sampah adalah kantong plastik bekas yang membutuhkan waktu sekitar 500 tahun untuk terdekomposisi secara sempurna.

“Sampah kantong plastik di kota Bandung saja seharinya bisa menutupi 50 lapangan bola,” tambah Sobirin, saat konferensi pres di Campus Center ITB, Senin (4/3) kemarin. (E-1)

No comments:

Jelajah