EDUKASI Headline Animator

Tuesday, April 8, 2008

PENTINGNYA PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI WANITA

EDUKASI – Kenapa remaja? Benar karena pada masa ini, manusia berada pada titik paling produktif. Tidak hanya produktif di sisi intelektualnya. Para remaja juga produktif di sisi reproduksi.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan alat-alat reproduksi bagi remaja adalah tindakan yang sangat dianjurkan. Tetapi sayang, selama duduk di bangku sekolah, pendidikan tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) sangat minim, bahkan tidak ada.

Akibatnya, ada kasus yang menyebutkan anak sekolahan terjangkit virus HIV. Wah, kalau sudah begini jadi gawat. Bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya. Tentu saja penyakit yang berkaitan dengan kesehatan reprodukasi kita tidak hanya AIDS. Banyak sekali jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) yang setiap sat bisa mengancam kita, para generasi muda. Penyebabnya pun juga beragam, bisa karena jamur, protozoa, virus, bakteri dan ektoparasit.

Seperti Trikomoniasis (Tricchomonas Vaginalis - Protozoa). Gejala penyakit ini keputihan encer, kuning kehijauan dan berbau busuk. Sedangkan vulva bengkak, gatal, berbusa, kemerahan yang membuat kita tidak nyaman.

Komplikasi yang mungkin dari penyakit ini adalah, kelahiran bayi prematur dan memudahkan penularan virus HIV. Tetapi kita tidak perlu cemas. Penyakit ini bisa dobati. Pengobatan yang bisa dilakukan adalah pengobatan pasangan ‘Fenomena Pimpong’.

Selain Trikomoniasis yang disebabkan oleh protozoa, jenis PMS yang membahayakan adalah Siphilis (Trponema Pallidium-spirocheta). Gejala yang muncul gara-gara penyakit ini adalah, luka pada kemaluan tanpa rasa nyeri, biasanya tunggal, bercak merah pada tubuh, kelainan jantung, pembuluh darah, kulit dan gangguan syaraf.

Pada stadium lanjut, penyakit tadi bisa mengakibatkan kemandulan atau infertilitas. Tindakan pencegahan yang bisa kita ambil antara lain, tidak menggunakan sabun pembersi, karena banyak mengandung zat kimia, dan yang lebih utama tidak melakukan seks menyimpang. (lia)

No comments:

Jelajah